twitter

Sekolah Masak & Akademi Perhotelan

BLACK DRAGON, Berjaya di Ajang Seafood Cooking Competition

Mahasiswa Tristar Culinary Institute Kaliwaron Berjaya di Ajang Seafood Cooking Competition #AyoMakanIkan


Mahasiswa Tristar Culinary Institute Kaliwaron kembali menorehkan prestasi yang gemilang di persaingan institusi pendidikan kuliner di Surabaya. Sebuah prestasi yang pastinya membanggakan bagi Tristar Culinary Institute dan mahasiswanya. Pada hari Minggu (26/11) lalu, tiga mahasiswa Tristar Culinary Institute program studi Culinary (Andhika, Randy, Kristin) berhasil menjadi juara di Seafood Cooking Competition #AyoMakanIkan, sebuah lomba kuliner yang diadakan oleh Restoran Bandar Djakarta – HR Muhammad - Surabaya bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. Tema yang diusung dalam lomba ini yaitu “Gemar Makan Ikan”.



Lomba ini diadakan dengan tujuan untuk mendukung program pemerintah “Gemar Makan Ikan Nasional”. Pemerintah Provinsi Jawa Timur memandang serius dan terus berupaya mewujudkan ketahanan pangan dan gizi nasional khususnya di bidang perikanan. Hal ini karena Ketahanan pangan dan gizi merupakan pendukung terwujudnya ketahanan nasional dan menjadi modal pembentukan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas, sehat, cerdas dan produktif.. Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini, animo masyarakat untuk mengkonsumsi ikan terus meningkat setiap tahunnya, dan kreasi kuliner berbahan baku ikan menjadi semakin meningkat.

Lomba yang diikuti tim dari beberapa sekolah kuliner di Surabaya dan beberapa kota lain seperti Jogjakarta ini, diminta menyajikan menu serba ikan laut, dimana peserta diminta untuk memilih satu dari tiga jenis ikan laut untuk diolah dan dikreasikan menjadi sebuah olahan makanan yang menarik dan enak untuk dinikmati.

Tiga jenis ikan laut yang dipilih untuk dijadikan olahan yaitu cumi-cumi, udang, kerang. Acara Seafood Cooking Competition #AyoMakanIkan yang bertempat di Restoran Bandar Djakarta – HR Muhammad - Surabaya ini berlangsung seru dan meriah. Masing-masing peserta menampilkan aneka kreasinya dengan maksimal berusaha untuk menjadi yang terbaik di ajang di Seafood Cooking Competition #AyoMakanIkan ini.





Ada cerita menarik dibalik proses kemenangan tim Tristar Culinary Institute Kaliwaron ini. Menurut Andhika, salah seorang mahasiswa bercerita pada waktu pendaftaran lomba sudah dianggap terlambat dan hanya masuk daftar waiting list.

“Sebenarnya kami dianggap sudah terlambat mendaftar lomba ini, acara yang diadakan hari Minggu (26/11) itu sudah penuh pesertanya, tapi tak disangka hari Sabtu, kami ditelpon pihak panitia untuk ditanya kesanggupan kami untuk ikut lomba ini menggantikan salah satu peserta yang mundur. Kami putuskan untuk ikut, akhirnya dengan waktu yang mepet, kami bertiga berkoordinasi dan dibantu oleh chef Afi untuk membantu kami memilihkan menu apa yang pas untuk lomba ini” ujar Andhika.


“Kami kebagian memasak dengan bahan menu cumi-cumi. Berbekal panduan menu yang diberikan chef Afi, kami mengolah bahan cumi itu dengan olahan citarasa pedas yang mungkin lebih mengundang selera dibanding dengan yang lain, nama pun kami pilih yang lain daripada yang lain. “Black Dragon”, kami bertiga harus memikirkan apa nama yang paling menarik dan terpilihlah nama itu. Istimewanya lagi, kita hanya tampil 1 tim saja harus melawan beberapa sekolah kuliner yang rata-rata menyertakan 3 tim. Alhamdulillah, kerja keras kami terbayarkan dengan menjadi yang terbaik ke-2 di ajang ini” sambung Andhika dengan tersenyum. (ela)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar